Pengertian Manajemen


PENGERTIAN MANAJEMEN

Manajemen adalah terlaksananya pekerjaan melalui orang-orang lain) (Koontz and Donnel ,1972)
 Manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan. (Millet (1954)
Manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun. (Davis, 1951)
management embraces all dities and function that pertain to the provicion of necessary is to operate and the selection of the principal office “( manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya. (Kimball and Kimball, 1951)
Management dapat didefinisikan sebagai “kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain”. (dr.sp.siagian) 
Definisi manajemen adalah “proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan “. (Ordway Tead) 
Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. (Marry Parker Follet)
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan danpengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan”.  (James a.f. Stonner)
Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. (R. terry)
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. (Lawrence a. Appley)
Horold Koontz Dan Cyril O’donnel manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan – tujuan organisasional atau maksud – maksud yang nyata. (George R. Terry dan Leslie W. Rue)
Manajemen adala suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang – orang kearah tujuan – tujuan organisasi atau maksud – maksud yang nyata. Manajemen juga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalam kata lain seni adalah kecapakan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen. (G.R. Terry)
Manajeman adalah suatu proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan. Millett menekankan bahwa manajemen sebagai suatu proses yaitu proses pengarahan dan proses pemberian fasilitas kerja. (John D. Millett)
Manajemen sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. (Paul Hersey dan Kenneth H.Blanchard)
Manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang – orang untuk menentukan, menginterprestasikan dan mencapai tujuan – tujuan organisasi dengann pelaksanaan fungsi – fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling). (T. Hani Handoko)
Manajemen adalah kegiatan Mendayagunakan sumber – sumber (manusia dan non manusia) dan tugas melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengaturan staf, pimpinan dan pengontrolan sehingga individu atau kelompok yang bekerja sama dapat bekerja efektif untuk mencapai tujuan organisasi. (Ulbert Silalahi)
 Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian. (Harold Koontz dan Cyrill O’Donnel)
Manajemen sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi selain itu lebih menekankan pada definisi tersebut tidaklah dimaksudkan hanya untuk satu jenis organisasi saja, tetpai dapat diterapkan pada berbagai jenis organisassi tempat individu dan kelompok  tersebut menggabungkan diri untuk mewujudkan tujuan bersama. (Hersey dan Blanchard)
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tecapainya tujuan organisasi. (James A.F. Stoner dan Charles Wankel)











DAFTAR PUSTAKA


http://putracenter.net/2008/11/21/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/


http://yonzdarmawan.blogspot.com/2010/09/definisi-organisasi-menurut-para-ahli.html